aLways thiNk +

Apa Itu Earth Hour??

Posted on: March 29, 2009

Earth Hour adalah sebuah acara internasional tahunan yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature/World Wildlife Fund), diselenggarakan setiap Sabtu terakhir bulan Maret, yang meminta rumah dan perkantoran untuk mematikan lampu yang tidak diperlukan dan peralatan listrik selama satu jam untuk memunculkan kesadaran atas butuhnya tindakan menghadapi perubahan iklim. Dirintis oleh WWF Australia dan Sydney Morning Herald tahun 2007, dan memperoleh partisipasi dunia tahun 2008.

earth-hour

earth-hour

Earth Hour berikutnya akan dilakukan pada hari Sabtu, 28 Maret 2009 pukul 8:30 malam, waktu lokal.

Earth Hour 2008

Dengan 35 kota di seluruh dunia berpartisipasi sebagai kota partisipan resmi dan lebih dari 400 kota yang juga mendukung, Earth Hour 2008 adalah kesuksesan besar, dirayakan di ketujuh benua. Markah tanah terkenal di seluruh dunia mematikan lampu mereka untuk Earth Hour yang juga termasuk Empire State Building (New York City), Sears Tower (Chicago), Golden Gate Bridge (San Francisco), Bank of America Plaza (Atlanta), Sydney Opera House (Sydney, Australia), Wat Arun Buddhist Temple (Bangkok, Thailand), Colosseum (Rome, Italia), Royal Castle (Stockholm, Swedia), London’s City Hall (Inggris, Britania Raya), Space Needle (Seattle), dan CN Tower (Toronto, Kanada).

Situs web resmi untuk acara ini, earthhour.org, menerima sekitar 6.7 juta pengunjung unik dalam minggu-minggu menjelang Earth Hour. Situs web lain juga mengambil bagian dalam acara ini, dengan halaman utama Google menjadi “gelap” pada hari ketika Earth Hour dilakukan.

Menurut survei online Zogby International, 36 juta orang berpartisipasi dalam Earth Hour 2008, dengan perkiraan 50 juta orang melakukan hal yang sama di seluruh dunia. Survei ini juga memperlihatkan peningkatan 4 persen dalam kesadaran terhadap masalah lingkungan seperti perubahan iklim, langsung setelah acara ini.

Energi yang dihemat pada Earth Hour 2008

Menurut WWF Thailand, Bangkok mengurangi penggunaan listrik sebesar 73.34 megawatt, yang mana, satu jam, sama dengan 41.6 ton karbon dioksida.[12] Bangkok Post memberikan jumlah 165 megawatt-jam dan 102 ton karbon dioksida. Ini sangat kurang dibanding kampanye yang dicanangkan Balai Kota Bangkok satu tahun sebelumnya di bulan Mei dimana 530 megawatt-jam dihemat dan 143 ton emisi karbon dioksida dipotong. Toronto menghemat 900 megawatt-jam listrik. 8.7% dihemat bila diukur dengan malam Sabtu biasa pada bulan Maret. Irlandia, seluruhnya, memiliki pengurangan penggunaan listrik sebesar 1.5% pada malam itu. Dalam periode tiga jam antara 18:30 dan 21:30, terdapat pengurangan 50 megawatt, menghemat 150 megawatt-jam, atau sekitar 6 ton karbon dioksida.
Golden Gate Bridge dan taman terbuka umum Marin Headlands di belakang, sebelum (inset) dan dan selama Earth Hour 2008

Di Dubai, sementara lampu luar di beberapa markah tanah besar dimatikan dan lampu jalan di beberapa wilayah diredupkan hingga 50%, Electricity and Water Authority melaporkan penghematan 100 megawatt-jam listrik. Ini merupakan pengurangan 2.4% penggunaan listrik dibandingkan jam ini dimulai.
Sky Tower di Auckland, Selandia Baru, menghentikan mandi cahayanya selama Earth Hour, dan menghidupkannya kembali setelah itu.

Hasil terbaik berasal dari kota Christchurch, Selandia Baru. Kota ini melaporkan pengurangan 13% penggunaan listrik. Tetapi Transpower melaporkan bahwa konsumsi tenaga Selandia Baru selama Earth Hour adalah 335 megawatt, lebih tinggi dari rata-rata 328 megawatt dua Sabtu sebelumnya. Melbourne, Australia menghemat 10.1% penggunaan listriknya. Sydney, kota yang berpartisipasi dalam Earth Hour 2007 dan 2008, menghemat 8.4% konsumsi listrik. Walaupun lebih rendah daripada 10.2% di tahun 2007, direktur eksekutif Earth Hour Andy Ridley mengklaim bahwa partisipasi kota ini sama seperti tahun sebelumnya, dengan memperhitungkan ruang kesalahan.

Hasil terburuk berasal dari Calgary, Kanada. Konsumsi tenaga kota naik 3.6% selama penggunaan listrik mencapai puncaknya di jam itu. Layak diketahui bahwa di Calgary, dimana cuaca memainkan peran besar dalam konsumsi tenaga, kota ini mengalami cuaca 12C lebih dingin dari temperatur Sabtu sebelumnya.

Earth Hour 2009

Earth Hour 2009 diadakan pukul 8:30-9:30 tanggal 28 Maret 2009. Saat ini, 80 negara dan 750 kota ‘bergabung dengan Earth Hour 2009’, sebuah peningkatan drastis dari orang-orang yang berpartisipasi di 35 negara untuk Earth Hour 2008. 1 milyar ‘suara’ adalah tujuan utama untuk Earth Hour 2009, dalam konteks menjelang Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: