aLways thiNk +

Superman Is Dead : Angels and the Outsiders

Posted on: March 29, 2009

Superman Is Dead (SID) band punk rock asal Bali ini sangat identik dengan imej arogan dan sombong. Namun ternyata semua itu tak benar adanya. Di album ketujuh SID yang telah dirilis dengan tajuk ‘Angels and the Outsiders!’ SID coba melepaskan imej tersebut.

Angels and the Outsiders
Angels and the Outsiders

Ternyata imej ini sengaja dibentuk oleh manajemen lama SID. Hingga membuat band asal Bali itu jarang diundang ke beberapa acara tertentu oleh EO musik.

Dengan single ‘Kuat Kita Bersinar’ di album terbaru ini, SID ingin menyatukan perbedaan yang ada antara sesama, mengingat perbedaan sekarang sudah tidak dihargain lagi. Bahkan SID juga menambahkan paduan suara dari anak-anak panti asuhan di lagunya barunya. Sukses buat SID…

Berikut saya coba review tiap-tiap lagu :

01. Kuat Kita Bersinar : ini adalah single pertama Superman Is Dead pada album terbaru mereka. Pertama kali saya dengar lagu ini di radio, jujur, surprise banget. Bukan seperti SID biasanya. Dari segi musik, saya pikir bagus lah. Dalam pertengahan lagu lead guitar diselingi oleh suara keybord, hmmm, lumayan cathing. haha. Yang paling saya surprise dari lagu ini adalah liriknya. Terlihat sekali pendewasaan lirik dalam lagu ini. Tentang perbedaan yang bisa membuat kita menjadi satu. begghhh, dalem juga. haha.😀

02. Jika Kami Bersama : Sepintas intro dalam lagu ini mirip intro lagu dari Green Day yang Time Of your life. Hanya sekilas. haha. Corak musik yang sedikit ska karena memang ada pengaruh karena dalam lagu ini mereka featuring dengan vocalist dari Shaggydog. menurut saya rada sedikit kurang greget dari musik yang mereka buat. Tapi overall good job for their featuring.

03. We Are The Outsiders : Nah, baru pada lagu ini, ciri khas musik SID yang selama ini mereka punya kembali muncul. Punk Rock!!. Sedikit monoton pada lirik seperti kata kata khas mereka macam bersulang, dan lain-lain.

04. Poppies Dog Anthem : Lagu yang bercerita tentang seseorang yang suka dan selalu ingin “berpetualang”. Haha.

05. Saint Of My Life : Sedikit unik pada verse pertama dari lagu ini. Dengan nada yang aneh dari Bobby Cool membuat berbeda dalam lagu ini. Tetapi dari musikalitas agak monoton.

06. Nights Of The Lonely : Sedikit solo guitar pada intro lagu ini, saya sempat berharap dalam seterusnya pada lagu ini akan menjadi keren, tetapi tidak ternyata. Lagu yang membosankan.

07. Menuju Temaram : Sempat bertanya tanya, apa itu temaram??.. Dari nadanya sekilas seperti lagu pop yang diiringi oleh musik punk rock. Rada terdengar seperti memaksakan. Tapi saya sedikit terobati oleh liriknya. Lumayan..

08. Punkrock Lawrider : Back to their own music. SID banget.. Saya akhirnya menemukan solo guitar yang asyik dalam lagu ini. Setelah sempat kecewa pada lagu-lagu sebelumnya. Haha,,

09. Luka Indonesia : Sekilas melihat track list album terbaru mereka, Judul inilah yang menjadi lagu yang paling saya tunggu tunggu. Penasaran sama judul lagu ini. Setelah akhirnya bener2 main nih lagu, hmmm, first impression, it’s cool. Lagu tentang Indonesia, dibawakan dengan ciri khas musik mereka. Lagu yang berisi tentang seruan semangat untuk negeri ini dikala negeri ini dilanda luka yang dalam. Nice lyric, i think so.

10. Close To Fly Away : Intro yang asyik. Salah satu lagu dengan bit yang sangat cepat dari Jrx. Sekilas seperti lagu SID yang judulnya apa yach?.. Lumayan suka pada pertengahan lagu mereka, kombinasi gebukan drum dan guitar yang berhenti bentar lalu main lagi.

11. The Days Of A Father : Lagu yang diciptakan untuk tandingan Hari Ibu enggak yach??.. hahaha. Kalau saya rasa dalam lagu ini, Bobby Cool sudah mulai terdengar dominan dengan solo guitarnya. Setelah pada lagu lagu sebelumnya hanya bentar dalam memainkan solo guitar. Eka Rock juga tidak mau kalah dengan solo bassnya pada pertengahan menjelang akhir lagu. Meskipun hanya sebentar seh. hehe.

12. Pulang : Lagu monoton. Tetapi ketika sudah sampai solo guitar pada pertengahan lagu, lumayan asyik untuk didengar. Variasi musik. hehe.

13. Memories Of Rose : I think this is another my favourite song in this album. Intro yang lain dari pada yang lain. Unik. hehe. Begitu masuk lagunya juga asyik. Sedikit sentuhan musik latin. Apalagi pada pertengahan lagu, anda mungkin bisa menyangka ini bukan lagu dari SID. Unique song.😀

14. U.T.W : Lagu yang cepat dari SID.

15. Twice In Paradise : Lagu penutup dari album ketiga mereka. Sedikit terdapat suara dari live konser. Entah memang lagu live atau kah di mix dengan sepenggal konser mereka. Lagu penutup yang lumayan bagus.

Overall pada album ini, dari segi musikalitas masih relatif tetap sama seperti ciri khas musik mereka selama ini, akan tetapi sedikit penurunan dari suara solo guitar dari senar Bobby Cool. Gebukan drum dari Jrx juga relatif tidak ada perbedaan, tetapi masih tetep keren bila dilihat dari skilnya. hehe. Sedangkan untuk Eka Rock, nice playing. Untuk keseluruhan, musik mereka masih tetap sama, hanya sedikit kurang show off menurut saya.
Sedangkan untuk lirik, setelah sempat terkagum kagum pada single pertama yaitu Kuat Kita Bersinar, akan tetapi pada lagu lagu berikutnya masih tetap menceritakan tentang kehidpan sehari hari dan sekitar yang mereka alami.

Kerja yang bagus bwt Superman Is Dead,,…

Download indowebster : (klik disini)

2 Responses to "Superman Is Dead : Angels and the Outsiders"

Berdiri tegak menantang arah…
Dan kau sahabatku…
Mari kita bersulang!!

Berdiri tegak menantang arah…
Dan kau sahabatku…
Mari kita bersulang!!

OUTSIDERS Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: