aLways thiNk +

The Changcuters Dan Misteri Kalajengking Hitam

Posted on: April 22, 2009

Album ketiga The Changcuters atau kedua semenjak mereka menjadi bintang besar dengan lagu-lagu anthem yang dinyanyikan anak-anak kecil sepenjuru Indonesia yang punya akses ke televisi.

Misteri Kalajengking Hitam
Misteri Kalajengking Hitam

Masih dengan lirik-lirik ringan dengan musik rock n roll, kali iniereka mencoba eksplorasi sound-sound vintage dan aransemen a’la band-band tua yang kadang mengingatkan pada Koes Plus, dan band-band garage rock lainnya. Eksplorasi mereka rasanya perlu dihargai walaupun tidak berhasil membuat album ini bangun dari jurang gelap membosankan.

Mungkin karena sudah terlalu banyak band yang mengeksplor sound dan aransemen sejenis, dan apa yang mereka lakukan secara rekaman dan penulisan musik tidak lebih baik dari band garage rock mediocre sekalipun, bahkan secara lirik pun tidak menunjukan kualitas lebih baik dari band-band “berlirik ringan” lainnya.


Berikut sedikit review dari gw :

01. In De Hoii : Opening song from this album, and,, it’s so rock n’ roLL. Lagu yang bercerita tentang kisah sepasang kekasih yang lagi in de hoii, like its title,, hehe,, musik yang atraktif dari the changcuters. Sudah mulai banyak menambahkan instrumen2 lainnya. Sudah tidak murni menggunakan 2 guitar saja. Tetap cool, tetapi sedikit enggak changcuters banget jika solo melodi pada tengah-tengah lagu bukan qibil atau alda, tetapi suara instrumen lainya.

02. Main Serong : The first single from this album. Great song. Intro dengan lead guitar yang sangat keren ditambah masuknya drum yang asyik, kemudian dengan tempo yang nge-bit membuat gw suka bgt ma lagu ini. Pada pertengahan lagu juga keren dengan solo lead guitar yang saling bergantian dari alda dan qibil. Teringat akan lagunya Si Penakluk Api yang juga banyak suara nyaring dari duo guitar kembar mereka.

03. Suka Suka : Pertama kali gw denger ny lagu, sepintas seperti lagunya Alm. Benyamin S. Sepintas lagunya jg gaya -gaya lagunya Naif. Tetapi yang paling terasa di lagu ini adalah Gaya gaya lagu betawi. Klo saya pikir ini adalah lagu yang sangat unik sekali. Perbedaan yang mencolok dari album pertama mereka.

04. Gembel Cinta : Lagu yang bercerita tentang sesseorang yang mengejar cintanya sampai kapanpun seperti pengemis cinta. Weh weh weh,, Sepintas corak musik jg lain dari biasanya. Hmmm, seperti ada nuansa lagu lagu country. Serasa melihat cowboy beraksi dengan bantengnya. Yiiihhaaaa,,, Another unique song.

05. Tua Di Jalan : This is my favourite song. Sebelum lagu mulai terlebih dahulu terdengar anggota changcut yang lagi cek suara. Hahahaha, lucu. Lagu yang kalem.. Sangat damai sekali ketika gw dengerinnya. aPalagi pas kita lagi di perjalanan. Haha. Pas banget ma jalan cerita di lagu ini, lagi dalam perjalanan. “dududududu…. dudududududu… dudududu….”, ahahaiii, asyik sekali bukk,, hahaha,,

06. Bebek Beringas : Lagu yang bercerita tentang di jalanan juga. Mungkin karena masih ada unsur soundtrack dari film terbaru mereka, yaitu ‘The Tarix Jabrix 2’, beberapa lagu mengisahkan tentang keadaan mereka di jalanan. lagu ini jg mengingatkan gw ma lagu ‘Awas Angkot’ di album pertama mereka.

07. Mr. Portal : Nice intro Dipa!!!. petikan bass dari dipa yang begitu terasa dalam lagu ini. Tetapi menurut gw rada sedikit mbosenin ny lagu,,, mnurut gw seh,, hehehe,,

08. Dia (Gadis Rock N Roll) : lagu sendu dari changcuters, dengan intro lantunan suara like harmonika, nice song. Nice mellow song, dengan ditutup dengan lantunan harmonika jg. hehe..

09. Remaja Masa Kini : Lagu yang sejenis dengan lagu numb pertama, sekilas seh, hehe. But, I like this lyric. Reality in our teneege’s life. Kesan rockn’roll bgt.

10. Senandung Pertemanan : lagu yang bercerita tentang persahabatan. Gw suka bgt ma liriknya. Dudung dan maman asal citaman, mengadu nasib di perantauan… Oh, mereka selalu bersama dalam suka ataupun duka tak pernah putus asa…. Easy listening, tetap berkesan banget menurut gw, Dari segi musikalitas, sedikit monoton. Tak ada kejutan musikalitas dalam lagu mereka. Lumayan datar. Sayang banget klu melihat lirik yang sudah bagus.

11. Rindu Ortu : Lagu santai lainnya yang ada di album ini. Bercerita tentang rasa kangen mereka akan kampung halaman dan orang tua mereka. Lumayan datar juga tempo lagunya. But, karena memang lagu santai, jadi it’s okay lah..

12. SDSB (Seputar Dago Seperti Biasa) : Nice closing song. Intronya sepintas teringat lagunya Gie milik Eross di album OST – Gie. Hehe.

Album kedua ini, lumayan banyak saya temuin lagu lagu yang sedikit santai. Rock N Roll yang nyantai. Sedikit teriakan teriakan melengking khas sang vokalis. Lagu yang saya recommended dari album ini macam kayak ‘Main Serong’, ‘Tua Di Jalan’, ‘Senandung Pertemanan’, ‘Rindu Ortu’ dan ‘SDSB (Seputar Dago Seperti Biasa)’. Rock N Roll..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: